Pemprov Papua Hibahkan 11 Venue Eks PON

Pemerintah Provinsi Papua resmi menghibahkan 11 venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, Pemerintah Kota Jayapura, Polda Papua, Lanud AURI, Universitas Cenderawasih serta Sekolah Tinggi Theologia GIDI, di Jayapura, Selasa (27/9/2022).

Penyerahan hibah venue oleh Sekda Papua Muhammad Ridwan Rumasukun disaksikan Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alexander Kapisa, serta Kepala OPD setempat.

Sekda Ridwan dalam sambutannya menyampaikan penyerahan venue sangat penting untuk mendukung preatasi olahraga Papua.

“Sebab penting ada keterlibatan semua pihak terkait untuk mencapai prestasi dari kalangan masyarakat dan atlet Papua,” uja ia.

Sementara 11 venue yang diserahkan, yakni volley indoor dan volley pasir kepada Kepolisian Darah Papua, Softball dan Baseball, Lapangan Rugby dan Menembak Outdoor kepada Pangkalan TNI Angkatan Udara Sials Papare serta GOR Futsal SP2 kepada Pemerintah Kabupaten Mimika.

Kemudian lapangan Tennis Walikota Kepada Pemerintah Kota Jayapura, Lapangan Softball dan Basebal serta Trikora Uncen kepada Universitas Cendrawasih dan GOR STT GIDI kepada Sekolah Tinggi Theologia Gereja Injil di Indonesia (GIDI).

Sekda Papua melanjutkan, venue-venue yang diserahkan tersebut merupakan “saksi” sejarah atas capaian kontingen Papua yang masuk 10 besar di PON dan juara umum Peparnas.

“Sehingga dengan hasil yang menggembirakan pada PON XX dan PEPARNAS XVI serta telah tersedianya road map (blue print) event olaharaga Papu serta Kajian Akademik Kelayakan Papua sebagai Provinsi Olahraga, maka saat ini kita sedang mendorong agar penyataan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Papua adalah Provinsi Olahraga dapat dituangkan dalam satu regulasi khusus dari Pemerintah”.

“Regulasi ini penting agar dalam proses pengembangan keolahragaan Papua kita dapat menyusun rencana yang berkelanjutan sehingga segala sumberdaya yang dimiliki, baik oleh pemerintah, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota dapat mengacu pada sebuah rencana jangka panjang yang goalnya adalah melahirkan atlet berprestasi dari tanah Papualewat venue eks PON yang sudah diserahkan,” harapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa, dalam laporannya menyampaikan bahwa venue yang dihibahkan pada hari ini adalah venue yang dibangun dengan dana APBD pada saat persiapan pelaksanaan PON XX dan PEPARNAS XVI tahun 2021.

Mengakhiri laporannya, Plt Kadis Orda mengharapkan agar venue-venue yang dihibahkan tetap dapat diakses oleh atlet Papua, agar prestasi olahraga yang sudah diukir bia tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan sebagaimana hasil yang dicapai pada PON XX dan PEPARNAS XVI yang lalu.

 

 

 

Sumber: IG Pemprov Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *