Pemprov Papua Gelar Pelatihan Keprotokolan Pembawa Acara Dan Publik Speaking

Pemerintah Provinsi Papua menggelar pelatihan keprotokolan pembawa acara dan publik speaking bagi aparatur sipil negara (ASN) di wilayah setempat, Selasa (24/5/2022), di Jayapura.

Kegiatan selama dua hari tersebut, dihadiri para kepala bagian (Kabag) dan kepala sub bagian (Kasubag) protokol humas dari 29 kabupaten kota, organisasi perempuan darma wanita serta TNI-POLRI.

Gubernur Papua melalui Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Provinsi Papua, Anni Rumbiak berharap melalui pelatihan tersebut, mampu meningkatkan kemampuan kompetensi sumber daya manusia, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Anni juga menitipkan tiga hal yang harus dipahami petugas protokol kehumasan di Papua. Pertama, wajib memahami tugas pokok dan fungsinya.

Kedua, menguasai tata penempatan dalam suatu acara, seperti letak duduk pejabat sesuai aturan. Dan ketiga, rutin meningkatkan kualitas sumber daya manusia masing-masing petugas keprotokolan, guna mendukung kelancaran tugas-tugas pimpinan.

“Sebab tanpa tiga hal ini maka petugas keprotokolan tidak akan bisa menjalankan tugasnya secara baik dan lancar,” ujarnya.

Kepala Sub Acara Bagian Protokol Provinsi Papua, Rina Soro berharap lewat pelatihan tersebut dapat mewujudkan koordinasi dan sinkronisasi program kegiatan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta SKPD.

“Supaya kedepan dapat menciptakan tata cara protokol yang baik serta mendorong peningkatan aparatur pemerintah se-Papua,” tandasnya

Diketahui,kegiatan berlangsung selama dua hari dengan mengundang para narasumber TV nasional, Tio Nugroho di hari pertama. kemudian menampilkan MC acara atau keprotokolan istana negara, Baihhaki, di hari kedua.

 

 

Sumber: IG Pemprov Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *