Pulang ke Papua Bintang Timnas Indonesia Ricky Kambuaya Dapat Motor

Bintang timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya, mendapatkan hadiah motor saat pulang ke kampung halamannya, Kota Sorong, Papua Barat.

Hadiah itu diberikan oleh mantan klub Ricky Kambuaya, Persikos Kota Sorong, dan juga DPRD Kota Sorong.

Setelah menyelesaikan karantina di Jakarta, Ricky Kambuaya memutuska langsung pulang ke Kota Sorong untuk bertemu keluarganya.

Pemain berusia 25 tahun itu disambut sangat meriah di Kota Sorong pada Senin (10/1/2022) waktu setempat.

Setibanya di Kota Sorong, Ricky Kambuaya bersama ibunya, Yohana Kambu, diajak ke sebuah diler motor yang terletak di Jalan Malaingkedi.

Ricky Kambuaya saat itu juga didampingi oleh Ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya.

Tidak hanya itu, beberapa teman bermain dan pelatih masa kecil Ricky Kambuaya di Persikos Kota Sorong juga ikut mendampingi.

Setelah tiba di diler yang dituju, Ricky Kambuya mendapatkan kebebasan untuk memilih motor mana yang dia sukai.

Hasilnya, Ricky Kambuaya memilih Kawasaki KLX 150 BF. “Hadiah motor ini akan saya gunakan sebaik-baiknya. Motor ini harus dijaga dengan baik,” kata Ricky setelah menerima motor pilihannya.

Adapun Petronela selaku Ketua DPRD Kota Sorong mengaku sangat bangga melihat karier Ricky Kambuaya yang meningkat pesat.

Petronela menilai Ricky Kambuaya kini menjadi representasi Kota Sorong.

“Ini adalah jawaban Tuhan untuk kami orang Papua, khususnya warga Sorong. Dua pemain berasal dari Ayamaru, yakni Boas Solossa dan Ricky Kambuaya,” kata Petronela saat menyerahkan kunci motor.

Ricky Kambuaya adalah salah satu pilar penting timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

Gelandang milik Persebaya Surabaya itu tercatat selalu masuk starting line up timnas Indonesia sejak fase grup hingga final Piala AFF 2020.

Dari total delapan pertandingan, Ricky Kambuaya berhasil mencetak dua gol dan satu assist.

Uniknya, Ricky Kambuaya selalu dinobatkan sebagai pemain terbaik pertandingan atau man of the match ketika mencetak gol.

Momen itu terjadi pada laga pertama Grup B melawan Kamboja dan saat final leg kedua Piala AFF 2020 kontra Thailand.

Mobilitas dan agresivitas tinggi ketika bertahan, menyerang, atau dalam masa transisi, menjadi identitas permainan Ricky Kambuaya.

Sepanjang Piala AFF 2020, akurasi passing Ricky Kambuaya mencapai 79,2 persen.

Ricky Kambuaya juga tercatat melakukan delapan tekel sukses, tiga clearances, enam intersep, dan 12 kali dribble sukses.

Secara garis besar, Ricky Kambuaya bisa dikatakan paket komplit gelandang box to box karena kemampuan bertahan dan menyerangnya sama baiknya.

Konsistensi sepanjang Piala AFF 2020 membuat Ricky Kambuaya sangat diharapkan bisa melanjutkan kariernya di luar negeri.

“Kalau memang ada peluang untuk bermain di luar negeri, tentunya akan lebih baik untuk karier saya dan ada kemauan untuk itu,” kata Ricky Kambuaya seusai final leg kedua Piala AFF 2020.

Terlepas dari hal itu, Ricky Kambuaya saat ini hanya ingin fokus membela Persebaya Surabaya di Liga 1 2021-2022.

Bajul Ijo, julukan Persebaya, saat ini menempati peringkat keempat klasemen Liga 1 dengan koleksi 36 poin dari 18 pertandingan.

Skuad asuhan Aji Santoso itu untuk sementara hanya tertingal satu angka dari tiga tim di atasnya, yakni Persib Bandung, Arema FC, dan Bhayangkara FC.

Selanjutnya, Persebaya dijadwalkan menghadapi PSM Makassar pada laga pekan ke-19 Liga 1, Jumat (14/1/2022) malam WIB.

 

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *